Saturday, November 15, 2008

Jawaban itu akhirnya...

Siapakah manusia pertama sebenarnya?

Pertanyaan itu tercetus dari putraku, Fathan, sesaat setelah membaca dengan seksama buku Atlas Dinosaurus yang memang buku favoritnya. Buku ini memang cukup representative membahas tuntas tentang Dinosaurus dari sisi sejarah, geografi dan teknologi, yang dilengkapi dengan link site nya untuk beberapa informasi.

Sejak usia setahun Fathan ini memang terobsesi dengan Mr.Dino ini. Namun dia mulai mencari kebenaran fakta tentang sosok Mr.Dino ini baru di usianya ke 7thn, dan pada usia ke 8 sekarang dia sudah tidak bisa menahan lagi keingin tahuannya. Dan hal yang dia pertanyakan bukan lagi kebenaran fakta keberadaan Mr.Dino lagi tapi lebih genting nih, tentang siapa sebenarnya manusia pertama di dunia? Selama ini dia meyakini Nabi Adam adalah manusia pertama, tapi kok dibuku kesayangannya ini bukan Nabi Adam tetapi sejenis makhluk Ape bernama Homo erectus dan sejenisnya???

"Ummi sebenernya yang bohong siapa? buku ini? atau buku kisah nabi?"
Nah looo?!!

Tentu saja Nabi Adam adalah manusia pertama dimuka bumi ini kan, tidak ada keraguan tentang itu namun demi menuntaskan kepenasaranannya, maka jadilah kami cari tahu ke MUSEUM GEOLOGI. Pulang sekolah langsung meluncur ke museum yang letaknya depan gedung sate.

Nah dapet bukti nih bahwa Mr.Dino emang pernah ada, pernah exist. Nie kaka Fathan bergaya diatas kaca etalase tengkorak2 manusia (apa hewan?) Homo.

 Pertanyaan dia tentang mengapa sekarang makluk besar ini ga ada lagi juga terjawab secara ilmiah. Bencana alam seperti tsunami, kebakaran hutan, hujan meteor dan sejenisnya merupakan salah satu penyebab punahnya Dino Family ini. Ini foto bareng fosil Mammot, n stegosaurus.

Pertanyaan tentang keberadaan Mr.Dino terjawab sudah, lalu tentang manusia pertama? Hampir saja terlewat begitu saja, secara kita sudah keluar museum waktu Fathan mempertanyakan lagi. Akhirnya balik lagi, tapi langsung ke meja resepsionis. Disana ada petugas museum dan seorang ABAH (sepertinya pejabat museumnya deh... )

Bapak dengan tanda sujud didahi ini menerangkan dengan bersahaja sejarah keberadaan Dino family plus manusia pertamanya. Bahkan dilengkapi haditsnya loh, Subhanallah! Jadi ternyata yang dimaksud dengan manusia para homo (erectus,sapiens dsb) yang hidup dizaman Mr.Dino adalah kehidupan pertama 5-4 juta tahun lalu kategori hewan dan tumbuhan purba, sedangkan Nabi Adam adalah MANUSIA PERTAMA dan KHALIFAH pertama yang Allah turunkan dimuka bumi 10.000 an tahun yang lalu, sudah masa manusia modern.
So ga ada yang perlu dibingungin lagi kan kaka Fathan ?!

Foto-fotonya di update dari hp jadi ga jelas nih...secara pencahayaan di museum jg tidak mendukung. Ini waktu mereka ambil foto di lorong fosil-fosil Dinosaurus, ternyata Mr.Tryrex bin Tyranosaurus emang ada.  Subhanallah...Allahu Akbar!!!

11 comments:

  1. Cara yang bagus banget buat anak belajar.. Mengunjungi museum...
    Patut ditiru..
    jadi anak nggak cuma baca tapi bisa juga melihat bentuk aslinya...

    ReplyDelete
  2. sayang ya pemerintah tidak mengexpose keberadaan museum-museum ini, padahal banyak ilmunya en gratis lagi masuknya +(

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mbak, saya juga penggemar dinosaurus, dari waktu kecil sampai sekarang, he he he

    btw, sudah baca buku2 Harun Yahya belum, kalau belum bisa download gratis di situsnya

    http://www.harunyahya.com/indo/index.php

    ReplyDelete
  4. wah perlu disave nih postingan mbak nurul yg ini, buat bekal kalau ditanyain anak dian 5-6 thn lagi..hehe... tfs ya...

    ReplyDelete
  5. Wadduuuh masih lama dong ya keburu copasannya bulukan he...He...

    ReplyDelete
  6. Sawangsulna...Haturnuhun juga buat link harun yahyanya, fathan pasti seneng banget =D

    ReplyDelete
  7. Iya Ummi, asik nih. Blajar sambil ke museum. Akna jg suka tuh. Dia terkagum2 sama si Stego dan TRex. Koleksi bukunya jg.

    ReplyDelete
  8. Wah akna syik tuh mba ifa nya jago cerita jadi kalo dibacain buku serasa Stego n T-Rex nya hidup ya ^_^

    ReplyDelete
  9. oh begitu yaaa, baru tau juga nihhhh..jazakumullah ummi dan Fathan...

    ReplyDelete
  10. Sayang ya Teh film-film tentang dino tidak disertai fakta sejarahnya, tidak menguatkan fakta keberadaan dino ini, justru menambah image dunia dino adalah dunia dongeng

    ReplyDelete