Saturday, November 1, 2008

blog=perahu kertas?


"Seperti membuat perahu kertas & mengalirkannya ke air dilautan, tanpa beban atas pendapat orang, suka atau tidak suka " (Darwis Tere Live). Begitulah analogi sebuah blog.

Meski aku tidak menolak pendapat Mr.Live diatas ,namun untuk mengamininya pun rasanya kok terlalu sporadis.

Benarkah membuat blog (menuangkan ide, cerita, foto, hingga mengomentari) seperti membuat perahu kertas & mengalirkannya ke air dilautan, tanpa beban atas pendapat orang, suka atau tidak suka?

Mungkin ya, ia ibarat perahu kertas diatas lautan yang kadang timbul tenggelam, bahkan karam didasar lautan manakala tak seorangpun menoleh pada perahu kertas tersebut.

Namun jika ia seorang Muslim maka ia tidak akan berlaku dzalim pada lautan. Perahu kertas tidak akan ia isi dengan setetes minyakpun, agar lautan terjaga fitrohnya. Maka benarkah tak perlu peduli pada pandangan orang, suka atau tidak suka? Pandangan manusia mungkin tak perlu dihiraukan, namun diatas semua itu ada mata Sang Khalik yang tak pernah tidur. Ada ribuan malaikat bersiap mencatat bagaimana dan darimana perahu kertas itu berlayar. Maka bersiaplah pada yaumul hisab, setiap lisan yang tertulis di blog tentu akan diminta pertanggung jawaban. Jika ia menjadi maslahat bagi ummat maka tentu menjadi tabungan untuk membangun rumah di jannah, namun sebaliknya jika ia membawa mudharat maka tak akan luput dari perhitungan Allah, meski sesungguhnya Allah Maha Pengasih dan Penyayang serta penerima tobat.

Wallahu alam bishawab.

7 comments:

  1. setuju..ngeblog pun hrs bertanggung jawab:)

    ReplyDelete
  2. "kalo blog ku gimana mi....mudharat banget ga ? mohon pencerahan..." ^_^

    ReplyDelete
  3. Iyya teh dina, terutama para multiplier agar menjaga media ini tetap "bersih" sehingga tidak khawatir diblokir, kalo yg ngeblokir pemerintah c mending laaah kalo yg ngeblokir yang empunya semesta alam???!

    ReplyDelete
  4. Iyya teh dina, terutama para multiplier agar menjaga media ini tetap "bersih" sehingga tidak khawatir diblokir, kalo yg ngeblokir pemerintah c mending laaah kalo yg ngeblokir yang empunya semesta alam???!

    ReplyDelete
  5. Waah gmn yaaa...Ga berpengalaman jadi badan sensor neeeh raisah...Yang pasti homesitenya raisah hangat banyak link sahabat nya...Raisah pinter memilih dan memilah teman *)

    ReplyDelete