Wednesday, October 22, 2008

Khadimatku sayang, khadimatku malang

Setelah gonta-ganti khadimat 5 kali dalam 6 bulan akhirnya Allah mengirimkan seorang khadimat yang baik hati untuk anak-anakku. Mba Neng, begitu biasanya anak-anakku memanggilnya. Tahun ini Mba Neng genap sudah 3 tahun bersama kami, dan anak-anakku sudah dekat secara emosional dengannya. Rekor lah bagi riwayat pencarian khadimat di keluargaku.

Meski anak-anakku sudah dekat dengan c mba, tetap saja porsinya hanya membantuku. Kalau umminya sudah dirumah maka anak-anak akan tetap minta "diladeni" umminya. Dan tentu saja aku senang dengan boarder yang mereka buat sendiri, meski kadang bikin "mumet" juga (secara dikit2 c dede merajuk "aku mau mandi sama
ummi ajah...aku mau ini dengan ummi...mau itu sama ummi...).

Waktu yang 3 tahun itu ternyata cukup membuat kami nge-blend, macem juice strawberry + yoghurt yang masuk blender n dihidangkan dingin di bawah teriknya matahari hmm...yummy! Tapi selain yummy ada rasa asemnya juga tho secara isi kepala n background yang berbeda. Mba Neng yang berpendidikan SD dengan riwayat sebagai single parent ditinggal suami yang kabur, cukup menempa jiwanya yang lugu menjadi pribadi kokoh namun rentan trauma. Pernah c mba cemas nanya-nanya tentang suamiku yang ga pulang 3 hari khawatir suamiku selingkuh (halaaaagh mba traumanya jangan ditularin donk!).

Alhamdulillah c mba ni jadi rajin baca-baca buku di library miniku sejak Fathiyya bisa baca n keranjingan baca. Trus jadi suka nanya ini itu macem anak-anakku juga. Pernah bertanya tentang menopouse sakit ato tidak (halaaaagh daku belum berpengalaman nih mba ;), juga pernah minta dibelikan ini itu secara c mba abis baca buku resep en pengen praktek.

Trus sangking sudah nge-blend c mba sudah mulai masuk daerah regulasi. Pernah bikin aturan di kamar mandiku, "Bath Tub Tidak Boleh Kosong!" Nah lo! Maksoednye?

"Bu kata orang tua dulu kalo dirumah ada kamar mandi tidur (bath tub maksudnya) ga boleh kosong airnya, jadi kalau ibu sudah mandi diisi lagi bu sedikit aja yang penting ga kosong",Mba Neng memberikan penjelasan padaku tentang aturan barunya. Hwaaaa!!! Daku bengong dong...
"Loh mba orang tua dulu yang mana yang bilang gitu?" tanyaku waktu itu hati-hati.
C mba jadi balik bengong..."Eh anu bu takut ada yang tidur bu di kamar mandi tidurnya ibu"
Oalaaaa mbaaaa........+(

Meski begitu c mba nih kalo dapet ilmu baru dengan referensi yang shahih (Quran, hadits maupun teori2 dari buku) biasanya cepet nerima, jadi bath tub case has closed fully smile and success he..he..

Ahad kemarin c mba ditelpon anaknya yang sudah SMA di Cirebon, mengabarkan dirinya sakit. Waktu itu anaknya minta aku mengijinkan c mba pulang untuk merawat dirinya. Tentu saja aku n suami mengijinkan, tapi yang aneh justru c mba nya yang ga mau pulang. "Malu, karena baru dikasih libur lebaran yang panjang" begitu alasannya. Wadduuuuh rek pie tho mba!! Akhirnya hasil bujuk rayu c mba mau pulang juga.

Sudah 3 hari tanpa c mba maupun Mr.Driver telatdan ternyata rumah n kedua bocah ku masih aman terkendali he...he....(ya iyyalaaaah wong sudah ada uncle Rama memenuhi panggilan daruratku he..he...)

PS: thanks ya mba Neng sudah jadi bagian dari hari-hari kami,semoga Allah memudahkan segala urusan mba didunia maupun akhirat nanti, en thanks to uncle rama for being my kids hero, my private driver n of course my sweetest brother ;-P .


19 comments:

  1. "Assalamu'alaikum mba Neng....mampir ke library ku yuuuuk...." ^_^

    ReplyDelete
  2. waalaykumsalam adek raisah...mau doong baca bukunya atow kirim aje deh buat mba neng nih :D

    ReplyDelete
  3. ayo anak anak bantu umi ya...biar nggak repot

    ReplyDelete
  4. eeeehhh ada uncle rama..apa kabar uncle?

    ReplyDelete
  5. Uncle Rama baek...lagi nyantri di pasir kemiri nih he..he...

    ReplyDelete
  6. repot c ngga mba cuma lebih "sibuk" ajah secara c kaka paling demen bantuin nyapu n ngepel yang hasilnya bikin lantai banjir he..he..trus c dede doyannya bantuin masak didapur hasilnya pasti ajah ada yang tumpah :)

    ReplyDelete
  7. Duh senengnya yang selalu ada seseorang yg mau bantu...
    Iri dot com/...

    ReplyDelete
  8. wadduuuh tetehku chayank pengennya c being mom fully @home(cita-cita),doing everything by myself, tapi da bakat kudu ngajar kumaha atuh +( bakat kapaksa jeung bakat kubutuh he..he..

    ReplyDelete
  9. :D salam buat mbk neng ya bu..

    btw, maksud bu nurul di tulisan bu andina "Istriku, maafkan suamimu", apa ya?? saya jd bener2 buingung dot dot dot com. >_< . . .

    ReplyDelete
  10. cute entry....lebih lebih lagi on d bath tub........

    eh sis...kamu wong jowo, iyo??? haha.....sama deh dgn kakak di sini......

    ReplyDelete
  11. kak hana wong jowo?living in singapore?r u sure u r javanese? I thought kak hana nih malaysian

    ReplyDelete
  12. aduh...kak hannah ni wong jowo pacitan...my arwah yai lari dari belanda and take refuge di singapore...kami bangga deh jadi anak anak wong jowo, but I cant speak as well as my elders....

    semasa hayat nya arwah yai....my elders sering balik jawa....but I have never been there cos I studied in Malaysia n my parents went balik kampung di jawa without me....

    di kampung kami ada kali....sejuk......my sis suka banget!!

    sebab tu, majlis walimah my sis februari lalu di penuhi dengan kain batik segala!!

    ReplyDelete
  13. yai is??
    kapan kak hana berkunjung ke pacitan? nanti kita hunting batik asyik*)

    ReplyDelete
  14. nurul,
    mba itu yang hari tu kita jumpa di rumah nurul ye?

    ReplyDelete
  15. ya kak, mba neng sudah bertemu kak su maupun kakak2 yang lain dari Malaysia waktu kakak berkunjung ke rumah nurul tempo hari. Dia juga banyak membaca novel2 kakak juga, so curious about kak su n kakak2 dari malaysia *_*

    ReplyDelete
  16. jadi mba nya itu, mba nya siapa...? walaaah ga nyambung ya...?

    ReplyDelete
  17. kata fathiyya kalo ka usen ga ngerti ngacung ajah, tapi tangannya jangan kakinya ya *)

    ReplyDelete