Monday, June 16, 2008

Kalau anak 4tahun lagi doyan baca, cape deeh!


"Ummi pelacul itu apa sih?" (pelacur, maksudnya)
"Kalau senggama artinya apa?"
Gubrag!!
Aku gelagapan menanggapi pertanyaan putriku yang sejak miladnya ke4 sudah lancar membaca. Ini dampak belajar baca yang sudah didrill sejak usia TK kecil. Fathiyya lagi doyan-doyannya membaca semua tulisan yang dilihatnya,mulai dari tulisan di tempat-tempat umum sampai di running text TV. Dan dia menemukan tulisan pelacur dan senggama diatas saat kami masuk toilet umum di sebuah mall.

Ketika mendapat informasi dari walikelas Fathiyya di TK nya bahwa putriku sebagai murid termuda dikelas (waktu itu msh 3,5 thn) menjadi murid tercepat mahir membaca, ada rasa syukur sekaligus rasa khawatir. Wong ngomong aja masih cadel kok ya ngebet banget pengen baca segala macam, pie tho?.

Banyak kasus pada beberapa anak yang diusia bermain sudah dijejali konsep-konsep belajar minus bermain. Dampaknya mereka sudah menguasai tugas-tugas perkembangan lebih awal. Akibatnya, diusia sekolah yang seharusnya mulai semangat belajar, mereka justru mengalami kejenuhan belajar. Maka tidak heran jika kita dapati beberapa anak dengan kategori genius tapi mogok sekolah saat dipertengahan sekolah dasar (kelas 3-4 SD). Dan hasil rujukan psikolog nya merekomendasikan anak tersebut cuti sekolah 6bulan-1 tahun untuk merefresh semangat anak dan mengembalikan hak anak bermain yang sempat terenggut di usia dininya. Oleh karena itu setiap orang tua tidak patut berbangga dengan kehebatan anak-anaknya jika tidak pada porsinya.

Kematangan akademik mungkin dapat dikarbit, namun kematangan emosional anak tidak bisa dikarbit. Kalaupun ada yang mampu mengkarbit, maka hasil karbitan tidak senikmat buah yang matang dipohonnya ya toh?? Earlier is not always better!

17 comments:

  1. tapi mbak, ada juga loh anak yang "kemudaan" saat bersekolah tapi ga punya masalah untuk terus belajar...jadi, kayaknya tergantung anaknya juga deh mbak..

    ReplyDelete
  2. jadi ortu harus pinter-pinter merespon anak yah Mbak.....
    klo di tanya gitu........jawab nya harus pake bahasa diplomatis..:D

    ReplyDelete
  3. ya benar mba, untuk beberapa anak bisa begitu mudah2an anak2ku juga, asal jangan sampai membunuh fitrah anak2 mereka.

    ReplyDelete
  4. iyya nih orang tua musti pinter2 silat lidah, bergaya sok diplomat he...he..

    ReplyDelete
  5. yup...bener mbak...soalnya dies dulu juga "kemudaan" masuk sekolah....alhamdulillah adies ga sampe harus cuti sekolah karena bosen belajar, paling nilai ujiannya agak turun gitu...

    ReplyDelete
  6. waah mba, bukannya kecian ya seumur itu udh disekolahin, bukannya dgn umur itu anak lebih baik "bermain"....

    Selamat gelagapan dgn anak yang pintel ya Mba :)

    ReplyDelete
  7. trus...jawabnya gimana mba? sharing donk....hehehe...

    ReplyDelete
  8. walah..bentar lagi giliran gw deh da yang gelagepan =D

    ReplyDelete
  9. nah tu die...biasanya kalo anak yang sekolah pada usia matang lebih stabil. mudah2n anak2ku pararinter kaya c mba nih *)

    ReplyDelete
  10. Ya ga kecian wong anaknya yang nangis2 minta disekolahin, kecian emaknya kali *)

    ReplyDelete
  11. hayyoo penasaran ya mba? Ya kalo ttg pelacur kemarin aq jawab aja, itu panggilan yang jelek untuk perempuan yang tidak sholeh, Allah paling ga suka. Terus kalo senggama, ya bilang aja itu kegiatan orang yang sudah menikah. Nanti kalo dede sudah nikah baru mengerti. Gitu deehh . Rada ga memuaskan c jawabannya, tapi c de2 ga penasaran lagi. Tutup kasus deh pokoke, alihkan ke bab lain. Kalo mba yang ditanya gmana jawabannya? Sharing jg donk *)

    ReplyDelete
  12. co-pas dari jawaban mba... secara sekarang aja baru persiapan pengen punya baby... ^_^

    ReplyDelete
  13. Jangan lupa persiapan menjawab pertanyaan baby juga he..he..

    ReplyDelete
  14. setahu saya mengajari membaca tergantung anaknya saja, kalau anaknya memang minat (bukan kitayg ngotot) ya biarin aja :)

    ReplyDelete