Sunday, August 24, 2008

Borobudur, masihkah menjadi keajaiban dunia?




Liburan ke jogja mampir ke Borobudur nih.Benarkah ia adalah sebuah keajaiban? Ataukah hanya sebuah hadiah dari Allah atas sebuah kerja keras??

Sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia , Candi Borobudur dibangun dengan menggunakan +/- 55.000 m3 batu.Tinggi bangunan ini sampai kepuncak adalah 42m, dengan lebar dasar 123 m. Tegak dan kokoh menjulang keangkasa dan merupakan bagian dari sejarah yang telah berumur 12 abad.

Waktu kukecil diajak ortu kesini rasanya luar biasa sekali Borobudur ini megahnya, tapi pas liburan akhir juli lalu bawa anak2 kayaknya kok biasa aja ya.

Suatu hal yang unik, bahwa candi ini ternyata memiliki arsitektur dengan format menarik atau terstruktur secara matematika. setiap bagain kaki, badan dan kepala candi selalu memiliki perbandingan 4:6:9. Penempatan-penempatan stupanya juga memiliki makna tersendiri, ditambah lagi adanya bagian relief yang diperkirakan berkaitan dengan astronomi menjadikan borobudur memang merupakan bukti sejarah yang menarik untuk di amati. Salah satu hasil pengkajian mengenai hal ini bisa dibaca pada situs "In Pursuit of Sacred Science: Architectural Survey of the Rectangular Terrace Levels" oleh Mark Long.

Bahkan kata guide setempat batu borobudur ini terjalin kuat dengan susunan unik yang tidak bisa didorong ataupun diangkat kecuali terjadi gempa ataupun dipaksa dgn alat berat.Walahu alam bishawab.

Yang pasti my kids had fun banget lah denger cerita Mr.guide bari molongo ningali batu gede2. Subhanallah, Allahu Akbar!

Yogya We love u lah...

5 comments:

  1. iya keren banget. tp aku udah lama gak kesana lho, padahal hampir setiap tahun mudik ke jogja.
    aku asli seko jogja ki.. :-D

    ReplyDelete
  2. wadduuuh mba bunga ni aseli jogja toch???? bisa mampir kampung halamannya mba bunga dong ya kalo akhir tahun ini kita ke jogja lagi ;P

    ReplyDelete
  3. wadduuuh mba bunga ni aseli jogja toch???? bisa mampir kampung halamannya mba bunga dong ya kalo akhir tahun ini kita ke jogja lagi ;P

    ReplyDelete
  4. Cantiknya pasti satu hari kakak akan kemari ....juga

    ReplyDelete
  5. Amiin...nurul berdoa kakak akan ke bandung lagi dan kita bisa jalan2 ke jogja ^_^

    ReplyDelete